Kategori Kursus:


kardiologi
Dosen: Herlina Dimiati
Dosen: Sofia S. Si, M. Sc
Dosen: dr. Liza Salawati, M.Kes
Kursus ini membutuhkan Kunci Masuk
mengetahi tentang embriologi jantung jenis kelainan jantung
Blok 8 : Sistem Kardiovaskular
Tutor: zulkarnain dr.
Tutor: Dr. dr. Imran, SpS. M.Kes
Kursus ini membolehkan pengunjung tamu untuk masuk  
Blok Kardiovaskular ini merupakan blok ke-8 dari kurikulum berbasis kompetensi dengan metoda Problem-Based Learning yang diberikan pada semester ketiga di tahun kedua
pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Blok ini akan memperkenalkan sistem kardiovaskular (organ jantung dan pembuluh darah) sebagai salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Seiring dengan kemajuan zaman, penyakit kardiovaskular menjadi kasus penyakit non infeksi terbanyak seperti hipertensi, stroke, terosklerosis, penyakit jantung koroner dll, oleh karena itu diperlukan pembahasan khusus dan mendalam dalam blok ini bagi mahasiswa agar bisa memahami setiap masalah secara komprehensif. Selain itu, diharapkan setelah selesai mengikuti kegiatan blok ini, mahasiswa dapat menjelaskan patofisiologi, prinsip diagnosis dan penatalaksanaan kelainan pada sistem kardiovaskular.

Kegiatan blok ini membutuhkan waktu 6 minggu aktivitas blok dan 1 minggu untuk evaluasi, bermuatan 7 SKS dengan rincian tutorial 3 SKS, kuliah pakar 2 SKS, praktikum 1 SKS, konsultasi pakar 0,5 SKS, kunjungan ke Puskesmas (patient encounter) 0,5 SKS. Dengan adanya metode belajar e-learning, diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses langsung bahan kuliah, referensi-referensi terbaru yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular via online.

Mahasiswa juga dapat memamfaatkan forum ini untuk mendiskusikan kasus-kasus yang sering dijumpai ataupun menanyakan hal-hal yang belum dipahami secara jelas selama perkuliahan.
Blok 7 : Respiratory System
Tuliskan keterangan yang menarik disini untuk menjelaskan apa tujuan dari kursus ini
Blok 9 : Digestive System
Teacher: dr. Mahriani Sylvawani, spPD
Tuliskan keterangan yang menarik disini untuk menjelaskan apa tujuan dari kursus ini