Kategori Kursus:


Gitar Akustik I (DASAR)
Instruktur/Pengajar: Ari Pahlawi J., S.Sn, M.A
Kursus ini membutuhkan Kunci Masuk
Melalui perkuliahan Gitar Akustik tahap pertama ini, kiranya anda menjadi faham akan sinergi antara pembelajaraan teori dan praktek dalam musik. Dalam hal ini, melalui penguasaan teknik dan keterampilan permainan alat musik gitar akustik (1).

Kolaborasi pendadaran daya kognisi, afeksi dan psikomotorik melalui intensitas membaca, mendengar serta berlatih berdasarkan tahapan perkuliahan Gitar Akustik I ini, dikembangkan dari metode pembelajaran musik klasik, dalam hal ini penguasaan teknik dan keterampilan gitar klasik yang sejak lama dikembangkan di Eropa khususnya, jauh sebelum periode 1800-an.

Melalui pendekatan pembelajaran musik klasik, pemahaman anda atas fungsi dari perpaduan struktur dan konstruksi gitar akustik, beserta penguasaan bermacam teknik permainan di setiap tingkat keterampilan gitar klasik, tidak hanya efisien untuk dipelajari dalam waktu yang tidak perlu lama, namun juga efektif untuk pembelajaran lanjutannya secara mandiri.

Catatan:
(1) Akustik dalam penamaan gitar akustik (acoustic guitar) berarti perwujudan bunyi alat musik gitar yang murni bersumber dari sinergisitas petikan jari atas "senar" yang bergetar, yang kemudian bunyinya dipantulkan melalui badan gitar yang menjadi tabung resonansi", untuk selanjutnya digemakan ke jangkauan daya dengar manusia melalui "lubang suara". Yang dapat dijadikan pembanding untuk gitar akustik adalah gitar elektrik (electric guitar): yang hanya akan berbunyi secara wajar dengan dukungan daya/tenaga (power) elektrik, semisal baterai atau listrik.
Akustik dan Organologi
Instruktur/Pengajar: Ari Pahlawi J., S.Sn, M.A
Kursus ini membutuhkan Kunci Masuk
Kuliah Akustik dan Organologi dipersiapkan untuk memperluas cakrawala pengetahuan anda terhadap alat-alat musik dunia - mulai dari nama, riwayat perkembangannya, serta pengklasifikasiannya berdasarkan konstruksi bahan dan teknik permainannya.

Melalui pembelajaran secara online ini, peserta kuliah dapat sekaligus mengakses bentuk visual serta contoh auditif berbagai alat musik yang disebutkan dalam penjelasan perkuliahan ini.

Tentunya perkuliahan ini tidak sekedar dapat bermanfaat untuk memperluas wawasan mengenai alat-alat musik dunia, namun juga bermanfaat untuk referensi utama dalam berkreatifitas melalui musik, baik sebagai interpreter, arranger, orkestrator, maupun komposer.
Gitar Akustik II (LANJUTAN)
Instruktur/Pengajar: Ari Pahlawi J., S.Sn, M.A
Kursus ini membutuhkan Kunci Masuk
Melalui perkuliahan Gitar Akustik tahap kedua ini, penguasaan teknik dan keterampilan permainan alat musik gitar akustik Anda akan berkembang melalui penjelajahan repertoar-repertoar musik klasik dunia. Bergerak dari tingkat kesulitan teknis yang sederhana hingga kompleks, serta bersentuhan dengan interpretasi musik dari berbagai aliran atau periode dari berbagai bangsa.