Kategori Kursus:


Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan I
Dosen: T. Zulham, SE. M.Si
DESKRIPSI SINGKAT :
Pembahasan mata kuliah ini dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu : Ekonomi SDM dan Ekonomi Tenaga Kerja (Labor Economics). Pengetahuan dasar mengenai teori ekonomi mikro dan makro dibutuhkan untuk mengikuti mata kuliah ini. Peralatan analisis yang dipakai dalam mata kuliah ini adalah analisis deskriptif/grafik, alur/diagram dan kalkulus/kuantitatif.

Setelah menyelesaikan matakuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat mempunyai apresiasi yang lebih baik terhadap alokasi berbagai sumber daya ekonomi, baik oleh rumah tangga, perusahaan, maupun di dalam perekonomian, serta terhadap peranan manusia sebagai human capital di dalam proses pembangunan ekonomi.
Pengantar Ekonomi Mikro
Teacher: Suriani SE., M.Si
Tujuan mata kuliah ini adalah memahami konsep pasar serta mekanisme bekerjanya ekonomi pasar, memahami variabel-variabel endogen dan eksogen yang mempengaruhi permintaan )parsial/marshalian) serta hukum permintaan dan penawaran, tercapainya keseimbangan pasar disertai mekanisme penyesuaian terhadap perubahan variabel eksogen terhadap variabel endogen dalam model keseimbangan pasar parsial. Memahami elastisitas permintaan dan penawaran, teori biaya dan produksi, struktur pasar, dan pasar faktor produksi.